Penelitian

Keperawatan
Kesehatan Masyarakat
Konsultan
Medis
Pendidikan Spesialis
Teknik Informatika
Umum

Umum

13-07-2013

ANALISIS IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH PROVINSI BALI NOMOR 10 TAHUN 2011 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK (KTR) DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH TAHUN 2013 ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF THE REGIONAL REGULATION NUMBER 10 YEAR 2011 IN THE PROVINCE OF BALI CONCERNING THE KAWASAN TANPA ROKOK (KTR) AT THE SANGLAH PUBLIC HOSPITAL YEAR 2013



I Gede Artha Kusuma

S.1 IKM Unud

 

Penerapan Kawasan Tanpa Rokok merupakan upaya dari pemerintah untuk melindungi dan menjamin hak setiap orang untuk menghirup udara bersih tanpa paparan asap rokok. Provinsi Bali sendiri telah menetapkan Perda No. 10 Tahun 2011 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang mengatur tentang area atau ruangan yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok. RSUP Sanglah merupakan salah satu tempat fasilitas pelayanan kesehatan yang mempunyai peranan untuk melaksanakan kewajiban dan larangan sesuai dengan ketentuan Perda tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan responden dipilih melalui metode purposive sampling sebanyak 10 orang. Terdiri dari 3 responden dari pihak manajemen, 3 responden dari petugas kesehatan, dan 4 responden dari pengunjung rumah sakit. Digunakan juga metode observasi dengan menggunakan panduan berupa check list (daftar cek) sebagai pembanding serta memperjelas hal-hal yang meragukan dan tidak terungkap dalam wawancara di luar persepsi responden.

RSUP Sanglah sudah melaksanakan kewajiban dan larangan berdasarkan ketentuan yang diatur serta sudah melakukan beberapa langkah untuk mengembangkan Kawasan Tanpa Rokok di fasilitas pelayanan kesehatan. Pengguna rumah sakit sudah dapat menerima dan mendukung pelaksanaan Perda KTR walaupun ada segelintir yang masih belum bisa menerimanya dengan berbagai faktor. Kekuatan dari implementasi adalah diterapkannya sanksi yang tegas berupa denda maupun pidana kurungan sedangkan kelemahannya tidak semua pengunjung rumah sakit terpapar informasi dan pengawasan yang lemah. Permasalahan terkait pelaksanaan Perda KTR diantaranya tidak diaturnya ketentuan mengenai tempat khusus merokok bagi pasien psikiatri, pengawasan yang tidak setiap saat, kesadaran pengunjung rumah sakit yang masih kurang, dan belum diterapkannya sanksi.

Diharapkan pengawasan tidak hanya dilakukan oleh petugas tetapi melibatkan seluruh komponen dari RSUP Sanglah. Pihak rumah sakit agar melakukan koordinasi kepada otoritas terkait agar dibuat ketentuan mengenai tempat khusus merokok bagi pasien psikiatri. Penerapan sanksi juga segera diberlakukan dan sosialisasi lebih gencar lagi ke masyarakat dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait.

 

Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Perda Kawasan Tanpa Rokok, Rumah Sakit

 


Keperawatan
Kesehatan Masyarakat
Konsultan
Medis
Pendidikan Spesialis
Teknik Informatika
Umum
 
 

RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH DENPASAR
Jalan Diponegoro Denpasar Bali (80114)
Telepon (0361) 227911-15, 225482, 223869, Faximile (0361) 224206

Website resmi Rumah Sakit Umum Sanglah Denpasar Bali (www.sanglahhospitalbali.com)